Disfungsi Tulang Pubis Dan Nyeri Tulang Panggul Pada Ibu Hamil

Penyakit Rematik – Banyak calon ibu akan mengembangkan nyeri tulang belakang atau nyeri panggul selama kehamilan. Nyeri selama kehamilan bisa muncul lebih awal pada trisemester pertama ketika perubahan hormonal mulai berpengaruh. Pelepasan hormon relaxin ini menyebabkan ligamen di daerah pinggul menjadi lebih longgar dalam persiapan kelahiran, dan akan menyebabkan peningkatan stress pada sendi.

Selama kehamilan, perubahan postural juga terjadi dimana pusat gravitasi segera mulai bergeser maju ke depan panggul dan berat pengungsi meningkatkan stress pada sendi panggung bawah dan panggul. Saat bayi tumbuh besar, berat kandungan diproyeksikan lebih jauh ke depan untuk mengimbangi kelengkungan punggung bawah sehingga nyeri pada tulang belakang bisa terjadi.

disfungsi-tulang-pubis-dan-nyeri-tulang-panggul-pada-ibu-hamil
Adanya masalah gangguan pada tulang panggul sebelumnya juga memungkinkan nyeri punggung bawah atau panggul bisa lebih menyakitkan saat hamil. Salah satu masalah yang dialami oleh ibu ketika hamil ialah disfungsi simfilis pubis yang menyebabkan kekakuan pada sendi panggul baik pada bagian belakang ataupun pada panggul bagian depan.

Meskipun disfungsi tulang panggul Pada ibu hamil tidak berbahaya pada bayi, namun hal ini bisa menimbulkan sakit yang parah di sekitar panggul. Untuk gangguan disfungsi simfilis pubis sendiri mempunyai gejala yang berbeda-beda untuk setiap ibu hamil, tapi pada umumnya gejala yang ditimbulkan seperti:

  1. Sakit pada tulang kemaluan di depan di tengah
  2. Nyeri di satu atau kedua sisi punggung bawah

Nyeri yang terkait dengan disfungsi tulang pubis juga bisa menyebar ke bagian paha dan beberapa wanita juga akan merasakan atau mendengar derakan di daerah panggul, dan juga rasa sakit yang timbul paling terasa ketika berjalan, menaiki tangga, berdiri dengan satu kaki, tidur menyamping, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kenali Lebih Jauh Tentang Masalah Nyeri Otot Myalgia

Disfungsi tulang pubis ini diperkirakan sudah mempengaruhi satu dari lima wanita hamil di dunia, dan juga belum diketahui dengan pasti mengapa nyeri panggul ini bisa mempengaruhi sebagian wanita hamil. Tapi yang jelasnya, mereka tidak mengalami kerusakan panggul sebelumnya dan peningkatan berat atau posisi bayi lah yang sering menyebabkan masalah tersebut.

Beberapa saran untuk menghindari dan mengurangi sakit nyeri tulang pubis :

  • Hindari berdiri dengan satu kaki
  • Hindari membungkuk ataupun mengangkat yang berat-berat
  • Hindari duduk menyilangkan kaki
  • Hindari duduk atau berdiri untuk waktu yang lama
  • Hindari mendorong benda berat, dan lain sebagainya

Demikianlah saran diatas yang perlu anda hindari. Namun jika anda sedang mengalami gangguan nyeri tulang panggul anda, maka pengobatan yang terbaik ialah dengan mencoba terapi manual atau Chiropractic untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi otot dan juga meningkatkan posisi dan stabilitas sendi panggul. Semoga Bermanfaat:))

obatrematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *