Kenali Lebih Jauh Tentang Masalah Nyeri Otot Myalgia

nyeri-otot-myalgiaPenyakit Rematik Otot – Setiap orang bisa saja mempunyai rasa sakit pada bagian otot, karena dengan otot seseorang bisa bergerak dan melakukan aktivitas setiap harinya. Nyeri otot atau otot sakit ini dikenal dengan myalgia yakni rasa sakit yang muncul pada bagian otot termasuk leher, punggung, kaki dan bahkan tangan. Otot akan merasa nyeri biasanya karena terlalu banyak beraktivitas, atau cedera dari olahraga atau juga karena pekerjaan yang menumpuk.

Nyeri otot akan mulai terasa ketika anda sedang melakukan aktivitas atau setelahnya. Selain itu, myalgia juga mempunyai tingkatan mulai dari yang ringan sampai parah sehingga akan terasa menyiksa. Meskipun nyeri otot ini bisa hilang dalam beberapa hari, anda jangan pernah menganggap remeh karena ada juga nyeri otot yang bisa memakan waktu lama sampai berbulan-bulan.

Penyebab nyeri otot yang paling umum

  • Terlalu memaksakan otot ketika beraktivitas fisik secara berlebihan, terlalu cepat dan terlalu sering.
  • Otot terkilir dan tegang karena cedera dan trauma.
  • Ketegangan atau stress yang terjadi pada salah satu atau beberapa bagian tubuh.

Penyakit atau kondisi karena nyeri otot

Fibromyalgia = Kondisi pada saat otot dan jaringan lunak akan terasa sakit ketika disentuh, disertai dengan sulit tidur, kelelahan, dan juga sakit kepala.
Dermatomiositis = Penyakit peradangan yang cukup langka, yang disertai dengan tanda-tanda ruam dan otot yang terasa lemas.
Lupus = Penyakit peradangan kronis dimana sistem kekebalan tubuh keliru menyerang jaringan dan organ tubuhnya sendiri.
Infeksi = infeksi yang disebabkan oelh bakteri dan virus yang bisa menyebabkan nyeri otot pada tubuh.
Polimiositis = Penyakit peradangan yang menyebabkan otot lemah dan terjadi pada kedua sisi tubuh.
Rheumatoid arthritis = Peradangan kronis pada sendi yang bisa menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kaku pada persendian.
Distonia = Kondisi yang menyebabkan otot-otot anda berkontraksi secara tidak disengaja.
Rabdomiolisis = Kondisi dimana jaringan otot hancur dan masuk ke dalam aliran darah. Kondisi ini bisa membahayakan nyawa seseorang jika tidak segera ditangani.
Efek samping obat-obatan = Beberapa obat yang bisa menyebabkan nyeri otot ini karena statin yang berfungsi menurunkan kolesterol, kelompok obat penghambat ACE untuk menurunkan tekanan darah dan kokain.

Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah nyeri otot

Penyebab Nyeri Otot – Nyeri otot ini pada umumnya disebabkan karena aktivitas fisik yang berlebihan dan memaksakan bagian otot tertentu untuk bekerja lebih keras lagi. Untuk menurunkan resiko mengalami nyeri otot, anda bisa melakukan beberapa cara seperti:

  • Melakukan pemanasan dan pendinginan ketika berolahraga.
  • Melakukan peregangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik tertentu.
  • Bagi yang bekerja di balik meja atau berada pada posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama, itu bisa meningkatkan resiko anda mengalami nyeri otot. Cobalah lakukan peregangan secara teratur dan bangun dari tempat duduk untuk berjalan-jalan sejenak, setidaknya lakukan satu jam sekali.
  • Jika anda sering melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga, pastikan untuk minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Nyeri Pinggul Pada Ibu Hamil

obatrematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *