Ketahui Penyebab Nyeri Pinggul Pada Ibu Hamil

Nyeri Pinggul Pada Ibu Hamil – Seorang wanita akan banyak mengalami perubahan pada tubuhnya saat hamil, sehingga rasa nyeri dan kram akan menjadi sangat akrab selama 9 bulan masa kehamilannya. Baik itu nyeri punggung, kram kaki atau yang paling ditakuti adalah nyeri ketika persalinan, seorang wanita akan mengalami semua itu sebelum akhirnya menggendong bayinya.

Nyeri pinggul merupakan salah satu nyeri yang paling umum akan dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Bahkan nyeri pinggul ini bisa menjadi salah satu tanda-tanda umum kehamilan, sebagai akibat dari mengendurnya sendi-sendi karena tubuh anda sedang bersiap untuk menghadapi persalinan.

Ibu hamil mungkin merasakan nyeri pinggul selama trisemester kedua usia kehamilan anda dan akan semakin meningkat. Karena bayi dalam rahim anda akan tumbuh semakin besar. Nyeri pinggul ini biasanya akan semakin memburuk di malam hari dan akan sangat mengganggu tidur anda. Namun tidak usah khawatir, karena ada cara tertentu dan bisa membantu anda untuk meminimalkan nyeri pinggul ketika hamil.

Penyebab nyeri pinggul saat hamil

nyeri-pinggul-pada-ibu-hamil

Penyebab nyeri pinggul saat hamil karena sebuah hormon kehamilan yang disebut dengan relaxin, yang diproduksi segera setelah hamil. Hormon ini juga bisa menyebabkan nyeri lainnya. Hormon relaxin mengendurkan sendi dan ligamen, dan kadang-kadang juga bisa menyebabkan sendi menjadi meradang dan sensitif.

Pertambahan berat badan karena kehamilan menyebabkan pergeseran sendi dan membebani pinggul, sehingga dengan demikian bisa menimbulkan rasa nyeri. Postur tubuh yang tidak normal juga bisa menyebabkan nyeri pinggul terutama pada trisemester kedua dan ketiga, yakni ketika keseimbangan tubuh anda semakin tidak sempurna karena semakin membesarnya perut anda.

Cara Mengatasi Nyeri Pinggul Saat Hamil

Nyeri pinggul merupakan efek samping yang normal dari kehamilan. Tapi, anda harus mengambil tindakan pencegahan yang dibutuhkan agar nyeri tidak menjadi semakin parah sehingga membuat anda semakin tidak nyaman. Ada Beberapa tips mengatasi sakit pinggul ketika hamil seperti:

1. Menggunakan bantal khusus ibu hamil
Ini merupakan tips terbaik untuk mengatasi hampir segala macam nyeri selama kehamilan. Gunakan bantal khusus ibu hamil untuk membantu tubuh anda menjaga postur tidur tanpa membuat pinggul menjadi lelah. Jaga pinggul anda untuk tetap sejajar dengan bantal guling.

2. Hindari sepatu hak tinggi
Memakai sepatu hak tinggi selama masa kehamilan bisa memperparah nyeri yang dirasakan. Sepatu hak tinggi bisa memperburuk keseimbangan tubuh anda sehingga bisa memperparah nyeri pinggul anda, jadi pilihlah sepatu yang berhak datar selama hamil.

3. Diet dan suplemen
Ketika hamil, tulang ibu akan kehilangan cadangan kalsiumnya. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup dengan makanan dan suplemen, karena hal ini bisa membantu mengurangi nyeri pada sendi pinggul selama masa kehamilan. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat penghilang sakit yang dibuat dari bahan herbal, karena ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit non herbal yang bisa memberikan efek samping.

4. Tidur miring/menyamping
Selama masa kehamilan, selalu perhatikan postur tubuh anda, baik itu ketika berdiri, duduk, ataupun ketika tidur. Hindari membungkuk dan jaga punggung dan bahu untuk tetap lurus saat berjalan, hindari juga tidur terlentang dan tidurlah menyamping dengan lutut yang sedikit ditekuk.

5. Terapi panas/hangat
Anda juga bisa berendam di bak air hangat atau mengkrompes dengan botol yang berisi air panas atau hangat pada pinggul anda. Dengan saran dan konsultasi dari dokter, anda juga bisa memijatkan minyak hangat pada pinggul anda. Pemijatan harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan air mandi pun harus hangat (tidak terlalu panas).

6. Istirahat dari aktivitas fisik
Aktivitas berat seperti berjalan terlalu lama, mengangkat beban berat, berdiri terlalu lama, semua itu bisa memperparah nyeri pinggul anda. Untuk itu, terkadang yang anda butuhkan hanya istirahat dari segala aktivitas fisik berat. Tidur atau duduk dengan kaki sedikit diangkat dan punggung bersandar bisa membantu anda rileks dan mengurangi nyeri pinggul.

7. Berenang
Tapi sebelumnya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai boleh tidaknya ibu hamil untuk berenang. Berenang ringan ketika hamil merupakan bentuk latihan olahraga yang baik, yang bisa membantu mengatasi nyeri pinggul. Tidak perlu berenang dengan canggih dan heboh, cukup berendam atau berjalan jalan di dalam kolam yang dangkal juga bisa membantu mengurangi nyeri pinggul.

8. Senam atau yoga untuk ibu hamil
Senam dan yoga ketika hamil harus dilakukan dengan bimbingan instruktur bersertifikat dan dengan izin dari dokter. Anda harus berhati-hati ketika melakukan yoga karena gerakan yang salah malah akan memperburuk rasa nyeri. Karena ada sejumlah peregangan sederhana dalam yoga dan bentuk latihan pilates yang bisa membantu meredakan nyeri pinggul. Dan jika dokter mengizinkan, lakukan senam atau yoga secara teratur dan jagalah postur anda selama anda mampu melakukannya.

Itulah beberapa saran yang semoga saja bisa membantu anda dalam mengatasi masalah nyeri pinggul anda. Apabila sakit semakin parah dan bahkan sampai anda tidak bisa melakukan aktivitas apapun, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Semoga Bermanfaat:))

<< Faktor-Faktor Penyebab Nyeri Sendi Yang Sering Muncul >>

obatrematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *