Manfaat Tanaman Brotowali Untuk Penyakit Rematik

Obat Rematik Brotowali | Brotowali merupakan salah satu tanaman liar yang bisa dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia, terutama Jawa, Bali dan Ambon. Brotowali juga biasanya tumbuh di hutan-hutan atau pekarangan rumah. Tanaman ini akan tumbuh baik pada daerah dengan ketinggian 0-1000mdpl.

manfaat brotowaliTanaman ini termasuk tanaman perdu yang memanjat. Tinggi nya bisa mencapai 2,5 m. Di kawasan alam, brotowali ini sering digunakan sebagai tanaman penutup tanah karena tidak adanya penyangga sebagai tempat panjat. Batangnya yang berukuran sebesar jari kelingking dan berbintil-bintil rapat, dan daunnya tunggal bertangkai.

Brotowali ini memiliki rasa yang pahit dan sejuk. Tanaman Brotowali juga berkhasiat sebagai analgetik atau bisa untuk menghilangkan rasa sait, antiseptik atau menurunkan panas dan melancarkan meridian atau aliran cairan limfa.

Tentang Penyakit Rematik

Penyakit Rematik merupakan penyakit yang sering kambuh, terlebih jika penderita tidak menjaga pola makan atau melanggar pantangan makanannya. Obat-obatan kimia memang bisa meredakkan gejala penyakit ini, namun hanya bersifat sementara saja. Penyakit rematik ini bisa dengan menggunakan obat herbal rematik yang berkhasiat seperti salah satunya dengan tanaman brotowali ini. Terapi tumbuhan obat ini hendaknya didukung oleh terapi akupuntur atau fisioterapi untuk meningkatkan efek theurafiknya.

Penyebab dari penyakit rematik

Faktor penting yang bisa menjadi penyebab penyakit rematik ialah asupan makanan yang mengandung jumlah purin yang tinggi seperti daging, jeroan, yang nantinya akan menimbulkan masalah penyakit gout. Selain itu penyebab penyakit rematik diantaranya:
– Merokok
– Minuman beralkohol yang berlebihan
– Makanan yang mengandung purin
Dengan olahraga yang teratur dan tidak stress dan cemas dengan berlebihan akan membantu menghindarkan tubuh anda dari berbagai macam penyakit.

Kandungan Alami Dalam Brotowali

Kandungan alami yang terdapat pada tanaman brotowali ialah kandungan alkaloid dan pikroretin. Tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan yang salah satunya sebagai Obat Rematik. Selain untuk penyakit rematik, brotowali juga bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit nyeri sendi, yellow fever, diabetes, malaria dan juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan anda juga bisa menggunakan brotowali untuk menurunkan kadar gula darah, meredakkan demam, dan mengurangi gejala diabetes serta bisa menambah nafsu makan.

Senyawa alkaloid dan damar lunak yang berwarna kuning sedang ini terdapat pada bagian dalam batang tanaman. Akarnya mengandung kandungan zat berberin dan kolumbin. Fungsi dari alkaloid ini membunuh bakteri di bagian luka, dan zat pirokretin nya berfungsi untuk merangsang kerja pada urat saraf bagian saluran pencernaan dan akan berdampak pada suhu tubuh yang sedang demam dan juga bisa membantu menurunkannya karena terjadi pertukaran zat yang sering.

Cara Pengobatan Rematik Dengan Brotowali

Bagian dari tanaman brotowali yang digunakan untuk penyakit rematik ialah bagian batang yang masih segar. Caranya dengan merebus batang brotowali segar sepanjang 10cm dengan 4 gelas air sampai menjadi segelas air. Lalu dinginkan, saring dan kemudian minum 2x sehari setengah gelas.

Itulah cara pengobatan penyakit rematik dengan tanaman brotowali. Selain untuk rematik, anda juga bisa menggunakan tanaman brotowali ini untuk pengobatan lainnya seperti antiseptik pada koreng, kudis, luka, Demam, Kencing manis, yang pastinga dengan cara yang berbeda sesuai penyakitnya. Sekian Semoga Lekas Sembuh dan Semoga Bermanfaat:))

obatrematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *