Mengenal Tanda-tanda Anak Terserang Penyakit Rematik

Obat Herbal Rematik | Anak-anak dan remaja yang mengidap penyakit rematik atau peradangan pada sendi juga akan mengalami kesakitan berat seperti orang dewasa. Pada saat ini di Jerman ada sekitar 40.000 anak dan remaja yang terserang penyakit rematik.

penyakit-rematik-pada-anak

Penyakit Rematik Pada Anak – Rumah sakit khusus yang sudah didirikan sekitar 60 tahun lalu yang merupakan pusat perawatan penyakit rematik bagi anak-anak dan remaja yang pertama di Jerman, dan sampai saat ini juga hanya satu-satunya. Di rumah sakit ini yang dirawat hanya anak dan remaja yang mengidap penyakit rematik. Terapinya pun dilakukan secara lintas disiplin keilmuan.

Selain para dokter spesialis rematik, ada juga bertugas sebagai psikolog, pakar fisio-terapi, pekerja sosial dan pakar pendidikan. Dan dari sekitar 40.000 anak dan remaja penderita rematik, separuhnya mengidap peradangan yang kronis dan sering disebut “Juvenille Idiopathische Arthritis” dimana penderitanya terancam kerusakan sendi permanen.

Penyebab radang persendian yang menyerang lutut, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Tapi yang sudah pasti resiko untuk mengidap penyakit rematik diturunkan dari orang tua meskipun bukan termasuk penyakit turunan klasik.

Penyakit Rematik merupakan sejenis penyakit autoimun. Pada kasus ini sistem kekebalan tubuh bekerja hiperaktif dan menyerang jaringan tubuh sendiri. Padahal pada sistem kekebalan tubuh normal, biasanya yang diserang adalah unsur asing yang dikenali berpotensi bahaya bagi sistem penting untuk fungsi kehidupan.

Pada beberapa anak didiagnosa, lebih dari 5 persendiannya terserang rematik, khususnya disebut polyarthritis. Jika serangan ini terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun, bisa muncul ancaman kebutaan. Karena syaraf matanya juga akan terserang rematik.

Dan tidak hanya dewasa, anak kecil pun bisa terserang penyakit rematik atau sering disebut Arthritis Rheumatoid Juvenil (ARI). Meskipun belum diketauhi secara pasti penyebabnya, tapi penyakit ini bisa memberikan dampak dalam jangka panjang seperti kecacatan ataupun gangguan psikososial. Penyakit yang menyerang anak-anak ini ditandai dengan kekakuan dan pembengkakkan pada sendi. Gejala paling umumnya yakni:

  • Nyeri sendi
  • Kekakuan
  • Gerak sendi yang terbatas
  • Sendi hangat dan bengkak
  • Kemerahan pada bagian sendi
  • Ruam-ruam
  • Pembengkakkan kelenjar getah bening
  • Demam yang berulang

Bahkan dalam beberapa kasus, gangguan tersebut bisa menimbulkan komplikasi yang serius seperti anemia, nyeri berulang, kerusakan sendi, pembengkakkan jantung dan juga terhambatnya proses tumbuh kembang anak.

Untuk itu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika si kecil mengalami beberapa gejala seperti di atas. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan melalui tes darah, seperti tes protein C-reaktif untuk mengukur peradangan pada tubuh dan mencari faktor rheumatoid yang merupakan antibodi yang ada pada darah orang dewasa. Semoga Bermanfaat:))

obatrematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *