Penyakit Rematik? Jangan Sesekali Dihiraukan Ini Akibatnya!

Penyakit Rematik – Tanpa kita sadari, seseorang atau bahkan kita sendiri sering menghiraukan penyakit rematik yang salah satunya Artritis Reumatoid (AR) yang merupakan penyakit autoimun atau penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri yang mengakibatkan peradangan dalam waktu yang lama pada sendi. Awalnya sendi terasa kaku dan berujung pada kelumpuhan yang permanen. Penderita perlu mendeteksi secara dini penyakit ini untuk melakukan tindakan pencegahan yang membuat tubuh tetap bisa beraktivitas.

rematik55Seorang Kepala Editorial Board Asia Pacific League Against Rheumatism Jurnal of Rheumatology yakni Prof. Dr. dr. Handono Kalim SpPD KR mengatakan bahwa penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja mau itu pria ataupun wanita. Ditambah juga bahwa selama ini sering terjadi kesalahan dalam mendiagnosa penyakit ini. “Beberapa gejala awal yang bisa di deteksi adalah tanda-tanda peradangan seperti warna tangan yang memerah, sendi-sendi tangan menjadi bengkak dan bagian tangan terasa hangat” ujarnya. Penyebab penyakit ini diantaranya pola hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak seimbang, jarang berolahraga, dan khususnya untuk wanita yang merokok bisa menyebabkan peradangan sendi dan mengakibatkan Artritis Reumatoid.

rematik5Meskipun penyakit ini tidak menular, sangat disarankan untuk segera mungkin melakukan pemeriksaan yang bisa membantu penderita Rematik. Prof. Handono mengatakan bahwa asam urat bukanlah penyebab utama dari Artritis Reumatoid. Hal yang sama juga berlaku ketika beberapa mitos tentang mandi malam hari dan masuk angin bukanlah bagian awal dari rematik. “Hanya perlu diwaspadai saat sendi sudah menjadi merah dan bengkak, hal tersebut awal dari kerusakan sendi yang berujung pada rematik”.

Perbedaan-Asam-Urat-Dan-Rematik-300x213Penderita Artritis Reumatoid yang membiarkan penyakit ini untuk terus berlanjut akan berada dalam tahapan dua tahun gangguan biasa, lima tahun gangguan berat yang bisa menyebabkan gangguan sendi, dan sepuluh tahun gangguan berat yang bahkan bisa membuat tubuh menjadi lumpuh.Jika Artritis Reumatoid terus dibiarkan dan dianggap tidak serius maka akan menurunkan kualitas hidup seseorang. Setiap aktivitas akan menjadi terganggu dan tidak akan teraasa nyaman dalam bersosialisasi.

Penyakit ini bisa dicegah dengan pola hidup sehat. Untuk yang sudah terserang penyakit ini diharapkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui seberapa besar penyakit ini mempengaruhi sendi tubuh. Jadi Jangan Pernah Tak Menghiraukan Penyakit Rematik. Semoga Bermanfaat :))

obatrematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *