Selain Tanamannya, Minyak Jarak Juga Memiliki Beragam Manfaat Lho!

Obat Rematik | Minyak jarak atau minyak castor dibuat dari biji pohon jarak yang sering tumbuh liar pada daerah tropis. Tanaman ini juga sering ditanam sebagai tanaman hias dan banyak yang sudah membudidayakannya dalan skala yang besar untuk pembuatan biodiesel.

Minyak jarak ini memang sudah populer dari sejak lama, dan juga telah dikenal luas manfaatnya untuk mengobati berbagai penyakit di negeri asalnya dan menyebar ke Afrika, Benua India sampai Mediterania. Minyak jarak ini merupakan salah satu minyak nabati pertama yang digunakan untuk keperluan industri karena memiliki kekentalan yang tinggi dan fungsinya sebagai pelumas.

Tidak hanya dari segi itu saja, minyak jarak juga mempunyai manfaat yang unik. Dibawah ini ada alasan mengapa harus mengkonsumsi minyak jarak:

Sebagai obat pencahar yang alami dan aman
Ada mitos yang beredar bahwa minyak jarak ini tidak boleh ditelan langsung sebagai obat pencahar. Dan ternyata faktanya minyak ini aman digunakan sebagai obat pencahar meskipun dikonsumsi oleh anak-anak. Biji jarak memang mengandung racun risin yang sangat aktif, tapi racun tersebut dinonaktifkan selama proses ekstraksi minyak. Dosis untuk menggunakan minyak jarak ini 1-2 sdm untuk orang dewasa dan 1-2 sdt untuk anak-anak. anak di bawah usia 2 tahun tidak diperbolehkan meminum lebih dari 1 sdt. Bisa juga mencampurkan minyak jarak ke dalam jus agar rasa nya lebih enak.

Untuk Meredakkan Nyeri Otot
Minyak jarak dianggap sebagai minyak hangat yang bisa melancarkan sirkulasi cairan yang ada dalam tubuh. Karena itu minyak ini sangat baik digunakan sebagai minyak pijat dan diyakini bisa meringankan nyeri akibat otot yang lelah. Dan jika betis atau paha terasa sakit karena olahraga berat, cobalah untuk mengoleskan sedikit saja minyak jarak pada daerah yang sakit. Minyak jarak juga baik sebagai minyak esensial.

Meringankan nyeri sendi
Kemampuan analgesik dam anti-inflamasi dari asam risinoleat yang merupakan 90% kandungan minyak jarak ini sudah dibuktikan secara ilmiah. Minyak jarak ini bisa melemaskan penyumbatan pada pembuluh limfa dan membuat perjalanan limbah menjadi lancar. Minyak ini bekerja secara langsung ke sistem kekebalan tubuh dengan merangsang kelenjar thymus dan juga meningkatkan jumlah sel darah putih yang dibutuhkan oleh limfosit. Untuk itu, jika anda menderita penyakit sendi dan ingin mengurangi nyeri sendi atau Rematik cobalah untuk menggunakan minyak jarak dengan cara membalurkan pada bagian yang sakit.

Pengobatan Untuk Masalah Kulit
Minyak jarak juga bisa digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti jerawat, kutil, atau masalah kulit lainnya. Caranya dengan mengoleskan minyak jarak ke bagian-bagian kulit yang bermasalah, dengan melakukannya selama 1-2 minggu. Karena sifat anti mikroba dan anti-inflamasi yang ada pada minyak jarak kemungkinan yang membantu mengobati masalah kulit tersebut.

Perlu diingat, minyak jarak ini tidak dibolehkan untuk ibu hamil karena dikenal bisa mengakibatkan kontraksi pangul yang kuat sehingga bisa menyebabkan keguguran atau lahir prematur. Terkecuali ada intruksi khusus dari dokter.

Manfaat minyak jarak diatas bisa dirasakan dengan mengkonsumsinya atau dengan mengoleskannya. Dan jika anda memilih untuk meminumnya maka konsumsilah dengan dosis yang tepat tidak terlalu berlebihan. Karena minyak jarak ini memiliki efek pencehar yang sangat kuat jika dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan.

<< Artikel Sebelumnya : Manfaat Dari Tanaman Jarak Untuk Kesehatan Manusia <<

obatrematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *